Arsitektur CU

Penjelasan Rancang  Bangun Credit Union:


Atap Rumah
Dasar  sebuah Credit  Union adalah kepercayaan.  Untuk  mendapat kepercayaan di masyarakat  maka persepsi atau “tampak luar” sebuah Credit Union harus memiliki 3 karakter penting,  yang sering disebut “Citra Credit Union”  yaitu:

 

  1. Lembaga yang aman,
  2. Memiliki kualitas produk dan pelayanan yang dibutuhkan masyarakat. (lihat gambar financial literacy)
  3. Dikelola oleh orang-orang   yang dapat  dipercaya

Didasari dengan sistem terpadu berupa monitoring dan evaluasi.



Tiga Pilar di lantai 2
Terdiri dari 3 sekat ruangan yang terkait dengan atap rumah yaitu:

  1. Sebuah lembaga yang aman harus ditunjang dengan disiplin keuangan & pengendalian administrasi yang baik.
  2. Untuk menopang kualitas produk dan pelayanan yang dibutuhkan masyarakat, maka harus ditunjang dengan Sistem informasi pasar dan pengembangan produk.
  3. Dikelola oleh orang-orang yang dapat dipercaya, maka diperlukan sistem pengembangan sumber daya manusia.

Didasari dengan Pola kebijakan yang menyeluruh.

Tiga pilar lantai dasar
Terdiri dari 3 sekat  ruangan yang terkait dengan lantai 2 yaitu:

  1. Disiplin keuangan & pengendalian administrasi yang baik untuk mewujudkan lembaga yang aman maka diperlukan kekuatan keuangan yang tidak berkompromi, pengendalian administrasi  yang baik dan  semua mendapat perlakuan yang sama sesuai standard operasional yang ada.
  2. Sistem informasi pasar dan pengembangan produk yang dibutuhkan masyarakat merupakan arah pasar yang berkualitas untuk memperoleh keuntungan guna memperbaiki pelayanan.
  3. Sistem pengembangan sumber daya manusia sangat diperlukan untuk membentuk watak, meningkatkan kecakapan dan kompensasi yang layak bagi pengelola operasional Credit Union. Pengurus, pengawas, Penasehat  adalah sukarelawan yang tidak mendapatkan gaji merupakan anggota yang dipilih dan dipercaya memangku jabatan dalam Credit Union.
  4. Fondasi
    Adalah nilai-nilai inti sebuah rancang bangun Credit Union yang terdiri dari 6 hal dasar utama yaitu: Sikap (attitude), Visioner (Visonary),  Keberanian (courage),  integritas (integrity), dan pengorbanan (sacrifice). Untuk membangun sebuah Credit Union yang kuat maka nilai-nilai  ini  harus terus diperkuat untuk membentuk budaya dalam organisasi, yang umumnya disebut  “Corporate Value”
joomla templatesfree joomla templatestemplate joomla
Back to Top